Bisnis usaha hotel
dan atau rumah kost (untuk selanjutnya
disebut hotel saja) saat sangat menguntungkan, banyak pihak yang tidak memiliki
latar belakang perhotelan membangun hotel. Memang usaha perhotelan sangat
menjanjikan, dengan pengelolaan yang baik dan profesional akan membawa
keuntungan yang teratur dan signifikan.
Dari sisi pemilik hotel/manajemen hotel
pengelolaan hotel secara profesional sudah wajib, hal itu tidak lain akan
menghasilkan laporan keuangan yang dapat dipantau. Inti dari usaha hotel adalah
penjualan kamar. Jika penjualan kamar dapat dipantau dengan baik maka
keuntungan juga semakin banyak. Banyak cara yang dilakukan pemilik untuk memantau
penjualan kamar, antara lain:
1. Menggunakan kunci hotel smart
card dengan jenis magnetic atau
RFID. Tujuannya untuk menghindari penjualan kamar secara diam-diam yang
dilakukan oleh pegawai hotel sendiri pada malam hari.
2. Menggunakan aplikasi manajemen
hotel untuk mendata tamu-tamu yang check in.
Tentunya, cara-cara
di atas dapat mengontrol penjualan kamar dengan baik, tetapi disisi lain banyak
pekerjaan yang harus dilakukan oleh pegawai. Jika jumlah pegawai relatif sedikit,
maka sudah tentu yang dikorbankan adalah kualitas pelayanan kepada tamu. Dalam
usaha hotel, kualitas pelayanan kepada tamu sangat mutlak, karena pelayanan
yang baik akan membawa tamu kembali menginap di hotel untuk selanjutnya.
ADA Solusinya
adalah menggunakan
kombinasi antara point 1 dan 2. Dengan menggunakan metede tersebut, penjualan
kamar dapat di kontrol dengan baik, penerimaan/penjualan kamar terdata semua,
pegawai hotel tidak banyak mengerjakan laporan keuangan karena sudah dibuat
oleh aplikasi manajemen hotel.
Untuk itu, Kami menyediakan aplikasi manajemen hotel dengan nama Software Hotel (SH) yang terintegrasi antar departemen/depan.
FITUR Software Hotel (SH)
1. SH Frontdesk:
Dipakai di
front office untuk mendata tamu check in dan check out serta mencetak invoice
tamu. Seluruh operasional penjualan kamar dan penanganan tamu dilakukan pada
modul ini.
2. SH Housekeeping:
Dipakai oleh
petugas housekeeping untuk meng-update status kamar. Setelah tamu check out,
status kamar harus di update terlebih dahulu baru kamar bisa dijual kembali.
3. SH Setup:
Dipakai oleh
Manager untuk melakukan pengaturan penggunaan program, penambahan nama pengguna
baru, penambahan tarif kamar dan penambahan data referensi program lainnya.
4. SH Resto:
Untuk mendata
penjualan makanan dan minuman di restoran.
5. SH Logistic
Untuk mendata barang dan keluar masuk barang.
6. SH Loundry:
Untuk pendataan
penjualan jasa cucian pakaian dari tamu hotel.
7. SH Mini Store:
Untuk mendata
penjualan barang-barang kebutuhan tamu yang dijual oleh hotel
8. SH Fasilitas
Untuk mendata
penjualan usaha jasa lainnya yang disediakan/disewakan oleh hotel
9. SH Parkir:
Untuk transaksi parkir tamu.
10. SH Accounting:
Untuk
pencatatan semua transaksi penerimaan, pengeluaran, pembelian dan pembayaran
yang dilakukan oleh bagian akuntansi.
0 komentar:
Posting Komentar
Click to see the code!
To insert emoticon you must added at least one space before the code.